Translate

Tips Membentengi Anak dari Maksiat


Tips Membentengi Anak Terhadap Maksiat.Alhamdulillah sahabat malam hari ini kita masih diberikan nikmat sehat sehingga kita masih bisa beraktifitas dalam dunia maya ini dan semoga saja aktifitas kita diniatkan untuk saling bersilaturahmi dan juga berbagi ilmu yang bermanfaat sahabat.

Meneruskan kemarin setelah memposting mengenai salah satu sahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam yaitu Abu Bakar As-Siddiq maka malam hari ini Muhasabah akan berbagi mengenai Tips Membentengi Anak Terhadap Maksiat.Artikel ini lebih ditujukan kepada Abu Ummu - Ayah Bunda - Bapak Ibu atau pun calon pengantin dan juga untuk sahabat semua.Selamat menyimak dan semoga bermanfaat


Sebagai Ayah atau pun Bunda tentu kita tidak menginginkan anak-anak kita, buah cinta kita dengan isteri menjadi salah satu korban daripada begitu maraknya kemaksiatan sekarang ini.Maka hendaknya kita sebagai orang tua yang diamanahi Allah Subhanahu Wa Ta'ala berupa anak-anak untuk mendidik dan membesarkannya menjadi orang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.Untuk menjadi penerus dan generasi pejuang Islam di Bumi Allah ini, maka sebagai orang tua kita harus bisa menghindarkan atau pun mencegah anak kita dari perbuatan-perbuatan maksiat.

Sebenarnya banyak tips membentengi anak terhadap maksiat yang bisa dilakukan kita sebagai orang tua.Di antaranya, dengan menghindarkan anak dari sebab-sebab menularnya kemaksiatan itu. Seperti tidak membebaskan pergaulan anak begitu saja, terus berusaha mengawasi pergaulan anak, memilihkan teman-teman yang shalih, memilihkan lingkungan rumah dan masyarakat yang baik, dan usaha-usaha lain yang bersifat preventif.

Selain itu, usaha pencegahan yang paling utama adalah berupa pendidikan keagamaan yang memadai. Karena sesungguhnya faktor utama yang mampu mencegah seseorang berbuat maksiat adalah agamanya. Semakin kuat agama seseorang, niscaya dia akan semakin jauh dari perbuatan maksiat. Seandainya pun dia berbuat maksiat, maka dengan agamanya dia akan berusaha untuk segera bertaubat sehingga setelahnya dia menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dan agama kita ini, telah menjadikan tauhid sebagai pondasi utamanya. Tidaklah seorang pun Rasul diutus, kecuali dia pasti menyerukan tauhid. Bahkan tauhid menjadi seruannya yang paling utama dan pertama. Tidak lain karena tauhid inilah yang akan menentukan kebaikan dan keburukan seorang hamba. Semakin sempurna tauhid semakin baiklah dia.

Oleh sebab itulah Ayah dan Bunda, yang dirahmati Allah, karena agama adalah faktor terbesar yang membentengi seseorang dari maksiat, sedangkan agama ini dilandasi oleh tauhid, maka pengajaran tauhid kepada anak-anak dalam usaha menjauhkan mereka dari maksiat adalah salah satu usaha yang tidak boleh kita sepelekan. Dan kita harus mengajarkan tauhid ini sesempurna mungkin.

Demikian tadi sahabat sedikit mengenai Tips Membentengi Anak Terhadap Maksiat.Semoga bermanfaat.
- See more at: http://abufarras.blogspot.com/2011/09/tips-membentengi-anak-terhadap-maksiat.html#sthash.1NLCeX93.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar