Translate

Apa sih manasik umroh itu ?

sumber :


Panduan Lengkap Umroh 2013

Disini saya akan memaparkan artikel yang memuat tentang manasik umroh, disini saya akan menjelaskan secara lengkap apa itu manasik umroh dan bagaimana manasik umroh itu ? mari sekarang kita baca artikel di bawah ini
Bismillahirrohmanirrohim…

 Apa, Dan Bagaimana Manasik Umroh itu ??
Didalam menjalankan ibadah umroh ini, para calon jama’ah harus memahami betul antara amal sunnah, amal wajib, dan amal rukun. Selain itu para calon jama’ah, juga harus memahami betul apa maksud, tujuan serta hikmah yang tekandung dalam amal – amal, dan ibadah di dalam berumroh.
Bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam melakukan ibadah umroh, tentu saja menjalankan umroh bukan lagi menjadi sebuah masalah baru yang di alami oleh mereka. Namun, bagi para calon jama’ah yang belum berpengalaman tentu saja akan menimbulbulkan suatu permasalahan baru bagi mereka para calon jama’ah umroh, meskipun telah membaca buku petunjuk tentang tata cara pelaksana umroh. Demikian juga halnya dengan mereka yang sudah pernah melaksanakan ibadah umroh namun belum sepenuhnya memahami tata cara, dan hikmah yang terkandung dalam ibadah umroh tersebut. Seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Karena pada hakikatnya ibadah umroh ini bukan hanya membutuhkan pemahaman yang benar namun juga petunjuk dan  pelaksanaannya sehingga memudahkan dalam pelaksanaanya nanti di tanah suci.
Manasik Umroh adalah suatu kegiatan pelatihan dan persiapan ibadah umrohyang dilakukan pleh para jama’ah yang di pandu oleh para pemuka agama yang bertujuan untuk memberikan bekal ilmu tentang cara – cara pelaksanaan ibadah umroh tersebut, agar para calon jama’ah  dapat melaksanakan dengan baik dan benar waktu di tanah suci nanti, petunjuk tersebut diambil dari hadist dan Al-Qur’an, dan sesuai dengan aturan yang di tetapkan oleh Mentri Agama RI no : 396 tahun 2003 perihal penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.
Dalam pelaksanaan manasik umroh biasanya diberikan buku serta beberapa petunjuk tentang kondisi, dan keadaan yang akan dihadapi nanti di tanah suci. Bagaimanapun juga iklim dan kebiasaan di sana akan jauh berbeda dengan yang ada di negara asal calon jamaah umroh. Hal ini dilakukan dengan pembagian calon jamaah dalam beberapa regu kemudian memilih salah satu sebagai pengkoordinir atau ketua regu.
Ringkasan Manasik Umrah
 Allah  berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 196
“ Sempurnakanlah Haji & Umrah untuk Allah” (Qs. (2) Al-Baqarah : 196)
Penyempurnaan amal ibadah Umrah merupakan suatu tuntutan dari Allah SWT yang harus dilaksanakan bagi para jama’ah umroh, jika ingin umrohnya maqbul. sebagaimana perintah-Nya dalam firman-Nya di atas, Pelaksanaan ibadah Umrah yang sempurna adalah Pelaksanaan amal ibadah Umrah yang mengikuti tata cara Nabi Muhammad SAW. Adapun tata cara Umrah yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut terbagi dalam tiga bentuk amalan yaitu : Amal sunnah, Amal Wajib dan Amal Rukun.

Amal Sunnah adalah amalan umrah yang terpuji / mulia apabila para jama’ah umroh melakukannya. Amalan ini merupakan suatu amalan pelengkap, dan penyempurna bagi pelaksanaan ibadah umrah yang dilakukan oleh para jama’ah tersebut, maka diberi pahala bagi mereka  sebagai balasan dari Allah atas apa yang mereka kerjakan, tetapi apabila tidak dilakukan itu  tidak membatalkan ibadah Umrahnya dan tidak membayar Dam. Dan inilah yang termasuk amalan – amalan sunnah dari berumroh, yaitu :
1.     Mandi sebelum berihrom
2.     Memakai wangi–wangian bagi laki–laki
3.     Melafadkan niat ihram di miqot sesudah sholat
4.     Membaca talbiyah sebanyak mungkin
5.     Membaca do’a saat memasuki Makkah
6.     Membaca do’a saat memasuki Masjidil Haram
7.     Membaca do’a saat melihat Ka’bah
8.     Mencium Hajar Aswad
9.     Sholat di Hijir Isma’il
10. Meminum air Zam-zam
11. Memperbanyak melakukan thawaf sunnah

Amal Wajib adalah amalan yang harus dilakukan oleh para jama’ah umroh pada saat melaksanakan ibadah umrah tersebut. Apabila, para jama’ah tertinggal dalam pelaksanaannya ataupun lupa dalam melaksanakannya maka diharuskan menggantinya dengan membayar dam dan Umrahnya menjadi sempurna setelah pembayar  dam tersebut dilakukan. Sebagaimana sesua dengan hadist Nabi Muhammad SAW.  “Barang siapa meninggalkan suatu ibadah (amalan wajib dalam Haji/Umrah) atau lupa maka dia wajib menyembelih kurban” (H.R Malik).
Ada tiga macam wajib umroh, yaitu :
1.     Niat Berihrom Dari Miqot
2.     Memakai Pakaian Ihrom
3.     Mematuhi Larangan Ihrom

Amal Rukun adalah amalan Umrah yang menjadi syarat sah atau tidaknya umrah yang dilakukan bagi para jama’ah. Apabila rukun ini ditinggalkan, meskipun hanya satu saja maka bias dipastikan Umrah yang dilakukan oleh jama’ah umroh tersebut tidak sah dan tidak dapat diganti dengan denda atau dam, kecuali dengan cara mengulangi lagi pelaksanaan umrah tersebut.
Ada lima macam rukun umroh itu, yaitu :
1.     Niat Berihrom
2.     Thawaf
3.     Sai
4.     Tahallul
5.     Tertib

Amalan lain yang dianjurkan untuk dikerjakan selama di Madinah dan Makkah :
Madinah :     1. Melakukan Sholat berjamaah di Masjid Nabawi.
2. Memperbanyak melakukan Sholat Sunnah
3. Berziarah ke Makam Rasulullah SAW.
4. Berziarah ke Makam Abu Bakar Siddiq, Umar Ibnul Khatab dan  Baqi’
5. Masuk ke Raudhah dan beri’tikaf atau sholat atau berdoa di dalamnya.
6. Mengikuti Sholat Jenazah

Makkah :      1. Melakukan sholat Jamaah di Masjidil Haram.
2. Memperbanyak melakukan thawaf Sunnah.
3. Memperbanyak melakukan Sholat Sunnah
4. Memperbanyak membaca Al-Qur’an, berdzikir dan berdoa kepada Allah.
5. Mengikuti Sholat Jenazah.

 Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel saya ini, semoga bermanfaat bagi anda dan khususnya saya. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Untuk selengkapnya silahkan klik di sini